top of page

REKOMENDASI SAHAM BULAN OKTOBER 2019

Whats uppp guuuysss,, pasti sudah pada menunggu - menunggu rekomendasi saham ane yaaaa hihihi...


Ane memang mau minta maaf karena rencana untuk rekomendasi saham sebenarnya mau ane buatin di pertengahan minggu lalu tapi apa mau dikata karena kesibukan dan wangsit tak kunjung datang akhirnya baru hari ini bisa nulis rekomendasi haha.. Tapi gapapa karena hari ini rekomendasi ane spesial dibarengi dengan pelantikan Pakde Jokowi buungg!! Selamat buat Pak Jokowi dan Pak Ma'aruf Amin, semoga janji - janji ekonominya bener - bener bisa terlaksana sehingga bisa membuat IHSG meroket kedepannya, amin. Okeee, karena ini sudah di penghujung bulan Oktober, berarti kali ini kita super flash recommendation lageeeee, langsung aja tanpa ba bi bu, 3 saham pilihan ane kali ini adalah:


1) ITMG


Ahh yup, ITMG lageee, tapi jelas dengan fundamental yang berbeda dong, ITMG adalah salah satu saham batubara yang terdiskon sangat dalam dari awal tahun 2019, dan bisa dibilang sekarang berada di titik botomnya yang lumayan kuat.. Salah satu alasan kuat saya menjagokan saham ini adalah karena ITMG salah satu saham batubara yang masih terpuruk di jurang bottom sedangkan rekan sesama sektor lainnya seperti PTBA, HRUM, ADRO sudah memulai atau paling tidak menunjukkan tanda - tanda reboundnya.. Dan jangan lupa, ITMG masih dibayang - bayangi sentimen dividen interimnya, yang sampai saat ini memang belum ada kabarnya, namun saya sangat menyangsikan ITMG untuk tidak mengeluarkan dividen interimnya, karena selama 10 tahun terakhir selalu disiplin mengeluarkan dividen interim.


Buy ITMG di Rp. 11800 - 12500, TP di atas Rp. 13000.



2) TOTL


And here we are with a newcomer, I present to yoouuu, salah satu saham properti yang (sedikit) terlupakan, TOTL. Sebenarnya bisa dibilang tidak baru juga bagi ane, karena merupakan salah satu saham yang bercokol di portofolio awal ane, yaitu sekitar tahun 2017 an, dimana fundamentalnya memang sedang menarik - nariknya. Namun tidak lama saya jual habis dengan TP yang tipis, saya tidak ingat sekitar cuan 5% - 10%, karena ada saham lain yang lebih menarik.. Untunglah karena dua tahun kemudian, saham ini cenderung turun dan terus turun hingga ke titik yang menurut ane sudah sangat rendah, di harga Rp. 430 an, dengan nilai PER 7, dan potensi dividen 8 - 9% pertahun, jelas sudah sangat menggiurkan. Walaupun memang terindikasi ada perlambatan laba di tahun 2018 dan 2019, namun saya kira suatu hal yang sangat wajar melihat perlambatan ekonomi dan sektor properti akhir - akhir ini, dan kalau melihat pertumbuhan laba yang labanya yang memang dalam trend naik hingga 2017, saya kira wajar apabila terjadi sedikit koreksi.. Apapun itu, walau masih ada potensi untuk turun ke harga Rp. 300 menuju all time bottomnya, saya kira dengan fundamental sekarang harga saat ini sudah sangat murah karena sudah berada di bottom terendah selama 7 tahun terakhir.. Beli TOTL di harga Rp. 420 - 440, TP diatas 470 atau tahan lama sampai kembali menuju diatas Rp. 500.


3) TINS

Daaan TINS kembali bersama kita, saham yang untuk kedua kalinya saya rekomendasikan (yah mau gimana lagi saham ini bener - bener roller coaster tahun ini, jadi memang benar - benar enak untuk di tik tok hihihi), setelah di rekomendasi di Bulan Juli yang lalu.. Yup tanpa panjang lebar, terlepas dari sentimen penurunah harga timah, saya kira TINS sedang dalam tahap awal untuk kembali ke rebound menuju ke harga Rp 1000 an kembali. Resiko untuk turun selalu ada, tapi rebound saham ini terlalu menggiurkan untuk dilewatkan hihihi.. Buy TINS di 900 - 950 an, TP di sekitar Rp 980 an keatas..


========

RESUME

========

Untuk resume kali ini memang jelas terlihat bahwa saya tidak memasang target muluk - muluk, mengingat kondisi pelemahan ekonomi global terutama perang dagang yang masih belum ada kejelasan.. Namun saya cukup optimis bahwa IHSG selama beberapa pekan kedepan mungkin akan cukup sideway, atau bila tidak akan kembali ke 6300 an, mengingat sentimen pelantikan Pak Jokowi adalah sentimen yang cukup bagus untuk modal asing kembali masuk karena merupakan suatu bukti bahwa negara kita secara politik masih cukup stabil. Well thats all folks, semoga rekomendasi saya kali ini menghasilkan cuan - cuan bagi kita semua, amiiin. See you all in November!!




bottom of page