top of page

AKRA, SAHAM BUAT JURAGAN POM BENSIN WANNABE

Semua orang hampir setiap beberapa hari sekali pasti ke Pom Bensin, dan hampir semuanya mungkin pernah bermimpi suatu hari ingin menjadi juragan Pom Bensin yang bisa membuka banyak cabang di berbagai daerah. Kenapa tidak? Membayangkan Pom Bensin yang selalu penuh antrian dengan margin yang lumayan pasti membuat kita semua tergiur dan ber angan - angan jadi juragan Pom Bensin.

Sayangnya, modal Pom Bensin yang disinyalir puluhan milyar membuat angan - angan tersebut pupus, dan Pertamina yang notabene sang empunya dan Raja Pom Bensin di seluruh Indonesia juga belum ada rencana untuk melepas saham jadi Perusahaan Terbuka.

Tapi jangan khawatir, semua keinginan pasti ada alternatif, dan daripada membuka Pom Bensin yang butuh modal banyak dan menunggu Saham Pertamina, kenapa tidak mencoba membeli satu - satunya saham pom bensin yang ada di BEI, siapa lagi kalau bukan AKRA!?

Anda pasti pernah bepergian dan dalam perjalanan melihat Pom Bensin dengan Simbol AKR di depannya.

AKRA, atau AKR Corporindo TBK, sebenarnya adalah perusahaan yang cukup senior di Indonesia, dimulai dengan nama Aneka Kimia Raya pada tahun 1977 dengan bisnis dasar perdagangan Kimia. Sekarang, setelah lebih dari 40 tahun, AKR Corporindo telah menjelma menjadi suatu perusahaan Distributor dan Logistic raksasa tidak hanya Bahan Kimia, tapi juga Oil and Gas, dan terus berkembang, bahkan terakhir AKRA juga sedang menyiapkan investasi di proyek yang cukup prestisius yaitu JIIPE (Java Integrated Industiral and Port Estate), yang akan menghadirkan area untuk Bisnis dan Industri lengkap dengan Deep Sea Port nya, dengan luas lebih dari 3000 Ha dan berlokasi sekitar 30 Km dari Surabaya, sangat menarik bukan?

Well, sebenarnya saya ingin membahas saham ini lebih awal pada minggu kemarin seperti yang saya bilang pada postingan Rekomendasi Saham pada Bulan Juli saya diatas, karena saham ini sedang berada di harga yang lebih rendah dan sangat menarik di rentang Rp. 4200 - 4300 dan sedang menuju cumdatenya, tapi tidak apa - apa, karena saya yakin saham ini sangat berpeluang untuk melanjutkan kenaikannya dalam waktu dekat.

Kenapa? Well pertama, ada satu hal yang menarik yang saya dapatkan terkait fenomena pergerakan AKRA setelah Cumdatenya, dimana tepat pada H+2 setelah cumdatenya, AKRA sempat mendekati kembali ke posisi harga ketika closing di hari Cumdate di harga Rp. 4620, walau setelahnya terkoreksi dan closing di Rp 4540. Ini adalah salah satu hal yang jarang terjadi, dan saya kira ini adalah satu bukti yang menunjukkan minat beli yang sangat kuat, persis ketika exdatenya dividen PTBA di bulan April, yang waktu itu masih di rentang Rp 3000 an, dan sekarang sudah berada di Rp. 4170. :)

Yang kedua, AKRA secara tehnikal pun sedang berada di bottomnya, sempat menyentuh di harga tertingginya Rp. 8300 di tahun 2016, atau hampir dua kali lipat dari harga sekarang, dengan fundamental perusahaan yang notabene sama dan malah terus naik, ini jelas sangat menarik.

Okay, berbicara masalah fundamental, AKRA bisa dibilang cukup stabil dan relatif terus meningkat, seiring dengan perusahaan yang terus berkembang, laba dan dividen pun relatif meningkat.

Laba perusahaan terus meningkat semenjak tahun 2014, dengan rata - rata kenaikan 15% dan cukup stabil, saya bisa bilang dalam hal ini AKRA adalah salah satu saham terbaik di kelasnya.

Dividen pun AKRA konsisten untuk dibagikan dan terus meningkat kepada pemegang saham dengan rata - rata kenaikan 46% setiap tahunnya, dengan sistem dividen Interim yang sangat bagus, terakhir AKRA membagikan dividen total Rp. 220 per lembar saham, atau dengan harga sekarang Rp. 4540, dividen yield nya adalah 4,8%!! Bisa dibilang sangat bagus dibandingkan dividen rata - rata bluechip unggulan yang sekitar 2 - 3%.

Terakhir, dan merupakan faktor utama kenapa saya sangat optimis AKRA akan naik cukup tajam dalam tahun ini, adalah karena Laba LK Q1 2018 yang naik drastis dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar 360% dari 258 Milyar pada tahun 2017, menjadi 929 Milyar pada tahun 2018. Kenaikan yang sangat drastis, yang walau pun disinyalir turun untuk Quarter selanjutnya, tetap membuat Laba AKRA tahun ini cukup fantastis.

Dan seperti biasanya, sangat menarik dan penting untuk memprediksi Laba tahun berjalan, seperti skema yang telah saya buat dibawah ini:

Seperti yang terlihat diatas, bahkan untuk worst case dan doomsday scenario, kemungkinan terburuknya adalah kita mendapatkan AKRA dengan PER 20 dengan dividen sekitar 2%, yang masih cukup wajar untuk emitten di bidang yang sama. Kemungkinan terbesarnya kita mendapat AKRA dengan PER 7,6 dan Dividen 7%, dan kalau beruntung kita mendapatkan AKRA dengan value PER 5,02 dengan perkiraan dividen 10%!! Sangat menggiurkan bukan??

Perusahaan yang sangat strategis dengan bisnis usaha yang sangat luas dan terus berkembang, pendapatan dan laba konsisten naik setiap tahunnya, serta dividen yang sangat menggiurkan, ditunjang dengan evaluasi teknikal yang mempunyai peluang cukup bagus, membuat saya berani berkata AKRA adalah salah satu saham kelas atas pada saat ini, dan sangat prospek untuk investasi jangka panjang.

Saya merekomendasikan AKRA untuk Buy di area Rp. 4400 - 4600 karena saya yakin dalam waktu dekat (prediksi saya 1 bulan) akan naik ke area Rp. 4900 - 5000, atau bahkan kalaupun turun dapat swing untuk investasi long term akumulasi di area Rp. 4000 - 4600 karena saya cukup yakin saham ini prospeknya sangat cerah :).

Well, sudah siap menjadi juragan Pom Bensin? Belilah Saham AKRA tentunya!!

=============

BTW, Selamat buat Perancis yang menjadi Juara Piala Dunia 2018 dengan mengungguli Kroasia 4-2 :D

ydh


bottom of page