top of page

APA ITU SAHAM?

Semua kesuksesan besar berawal dari satu langkah kecil, begitu pula dalam berdagang saham.. Anda harus mengerti, mengenal, dan memahami apa itu saham secara sungguh - sungguh untuk menjadi seorang pedagang saham yang handal..

Saham dilansir dari wikipedia, adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan.

Sedang apabila dilansir dari KBBI, saham memiliki 4 arti atau makna, tapi makna yang terdekat dan sesuai adalah surat bukti pemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberi hak atas dividen dan lain-lain menurut besar kecilnya modal yang disetor.

Mungkin dengan dua kalimat diatas anda masih bingung, namun kata kuncinya adalah "bukti kepemilikan".

Yup, saham sebenarnya sesimple itu, hanyalah sebuah bukti kepemilikan, bisa jadi dari suatu perusahaan, badan, atau kerjasama dan investasi yang tidak resmi..

Namun Saham yang kita bahas disini adalah bukti kepemilikan terhadap suatu Perusahaan yang telah terdaftar di BEI, sehingga dengan mempunyai saham tersebut, kita mendapatkan hak - hak yang bisa dapatkan, seperti dividen, ikut andil dalam kebijakan seperti RUPS dan lain - lain. Well, simple kan?

Perusahaan apa saja yang terdaftar di BEI? Dan kenapa perusahaan tersebut mengeluarkan saham?

BEI mempunyai ratusan perusahaan yang sudah terdaftar sejak tahun 1977 dan daftarnya dapat dilihat disini

http://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/profil-perusahaan-tercatat/

Perusahaan yang mengeluarkan saham ke Publik dan terdaftar di BEI akan menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk), jadi bila anda melihat suatu perusahaan di Indonesia dengan singkatan Tbk di belakangnya berarti itu adalah Perusahaan yang mengeluarkan sahamnya ke Publik dan punya code emiten 4 huruf di BEI.

Kenapa perusahaan mengeluarkan saham? Well ada banyak alasan untuk itu, namun yang paling umum jelas bahwa dengan mengeluarkan dan menjual saham ke Publik, mereka dapat Dana Segar yang bisa jadi modal ataupun pembiayaan berbagai keperluan untuk kepentingan Perusahaan tersebut. Ketika Perusahaan pertama kali mengeluarkan dan menjual Saham ke Public dan mendapatkan dana segar, disebut Initial Public Offering (IPO). Ada banyak aksi korporasi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana segar dengan menjual saham ini selain dengan melakukan IPO, namun ini akan kita bahas lebih detail di lain kesempatan.

Pertanyaan terakhirnya, kenapa kita harus membeli Saham?

Well, seperti yang sudah saya jelaskan diawal, dengan membeli saham kita mendapatkan sebagian bukti kepemilikan dari Perusahaan tersebut, yang berarti bisa dibilang kita adalah salah satu pemilik perusahaan tersebut! Well, walaupun memang kita hanya merupakan satu dari jutaan pemilik perusahaan tersebut hehe.

Namun sebagai salah satu pemilik perusahaan tersebut, kita tetap mempunyai hak kepemilikan dalam Perusahaan tersebut, salah satu yang paling utama adalah kita berhak mendapatkan Dividen..

Dividen secara singkatnya adalah pendistribusian profit oleh Perusahaan kepada para pemegang saham. Yup, itu artinya para pemegang saham akan mendapatkan uang hasil dari Profit Perusahaan tersebut, bukankah ini cukup sebagai alasan kita untuk membeli saham?

Well, hanya saja, memang tidak semua Perusahaan senantiasa membagikan dividen setiap tahun. Namun, secara prinsip kita tahu Perusahaan itu selalu tumbuh dan berkembang, baik profit, pendapatan, ataupun asset/modal, apabila suatu perusahaan senantiasa mencatatkan pertumbuhan profit, jelas sahamnya pun akan naik karena secara tidak langsung, "harga" atau "value" suatu perusahaan itu juga naik. Apabila harga saham itu naik jelas kita akan mendapatkan keuntungan karena kita bisa menjual saham tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari harga kita membeli, yang mana ini disebut "capital gain".

Secara singkatnya, dengan membeli saham Perusahaan tersebut berarti kita menginventasikan uang kita kepada perusahaan tersebut yang kedepannya kita berharap akan mendapatkan timbal balik berupa dividen ataupun capital gain.

Nah, setelah mengenal dan memahami itu saham, sekarang kita masuk pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara memulai untuk dapat membeli dan menjual saham, atau dengan kata yang lebih keren, berdagang saham? Ini akan diulas secara detail di post saya selanjutnya, stay tune!! :3

ydh


bottom of page