top of page

REKOMENDASI SAHAM BULAN JULI 2018

Dan yaaak, selamat datang di rekomendasi saham bulan Juli 2018!!

Setelah hasil review rekomendasi di bulan Juni yang cukup tidak menggembirakan kemarin, saya tidak patah semangat, saya yakin bulan Juli ini akan jauh lebih baik, dan matahari akan kembali bersinar cerah!! (Maaf lebay)

Yup, di bulan Juli ini saya kembali akan merekomendasikan saham kepada anda, dan saya sendiri cukup optimis karena berbeda dengan bulan Juni yang cukup kentang, bulan Juli ini dimulai dengan IHSG yang sudah cukup berada di area bottomnya, sehingga asalkan kurs dollar tidak naik lebih jauh ke atas Rp. 14500 / USD, maka saya yakin IHSG akan naik minimal ke area 5900 - 6000, sehingga chance cuan kita saya kira lumayan besar!

Untuk rekomendasi bulan Juli ini, saya akan merekomendasikan 4 saham, berbeda dari biasanya yang hanya 3 saham. Ini adalah salah satu trik untuk memaksimalkan profit ketika IHSG berada di area bottom, maka perlebarlah portofolio anda karena akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan saham yang akan melompat cukup jauh, dan terkait karena kecil kemungkinannya kita akan mendapatkan saham yang jeblok, jadi cara ini sangat effektif ;)

Oke, pada bulan Juli ini saya tetap akan memasukkan 2 saham rekomendasi dari bulan Juni, yaitu ASII dan JSMR, karena saya tetap yakin bahwa mereka sangat berpeluang untuk naik terutama ketika mereka sedang berada di area bottommnya seperti sekarang. Untuk ASII dan JSMR saya kira saya tidak akan menjelaskan secara detail karena sudah saya jelaskan di rekomendasi bulan Juni, sehingga saya lebih fokus pada dua saham lainnya yang saya rekomendasikan, yaitu PGAS dan AKRA.

1) ASII

ASII sedang berada di bottomnya, dapat dilakukan akumulasi di daerah Rp. 6400 - 6600 dan saya yakin sangat berpeluang untuk naik ke angka Rp. 6900 - 7000.

2)JSMR

JSMR saya kira hanya tinggal tunggu waktu untuk naik kembali, berpeluang untuk turun ke 3900 namun saya kira peluang untuk naik menuju 4600 - 4700 lebih besar dan menggiurkan.

3)PGAS

Ah, PGAS, saham sehidup semati saya.. Yang penasaran kenapa ini saham sehidup semati saya bisa baca analisis saya tentang PGAS dibawah ini, disitu juga cukup lengkap tentang analisis saya berapa harga wajar PGAS bila resmi bergabung dengan Pertagas, jadi saya kira saya tidak akan membahas terlalu detail.

Sebenarnya saya ingin merekomendasikan PGAS pada hari jumat kemarin, ketika PGAS sedang berada di bottomnya di harga Rp. 1800 - 1850, dan saya alhamdulillah sempat melakukan average down dengan membeli di harga Rp. 1835 hehe, sayang PGAS terlanjur melompat ke harga Rp. 1995 (sempat naik ke atas Rp. 2000).

Namun saya yakin PGAS akan tetap melanjutkan trend naiknya paling tidak ke angka Rp. 2200 - 2300, karena ada sentimen yang menurut saya cukup kuat tepat 29 Juni yang lalu, yaitu penandatangan CSPA atau akta integrasi antara PGAS dan PGN dimana 51% saham Pertagas milik PGAS, berita bisa dilihat dibawah ini.

Ini jelas salah satu sentimen yang kuat, karena memberikan kepastian bahwa Pertagas akan berada di bawah PGN a.k.a PGAS, dengan 51% sahamnya jadi milik PGAS. Ini jelas gak main - main, karena secara tidak langsung pemegang saham PGAS juga akan mendapatkan saham Pertagas, secara simple nya, value dari saham PGAS akan bertambah 51% dari value saham Pertagas secara gratisan! Investor mana yang tidak tergiur? Jangan lupa, dua perusahaan ini adalah distributor gas yang terbesar di Indonesia dengan panjang pipa mencapai ribuan kilometer.

4) AKRA

Dan yang terakhir, mungkin jadi saham kuda hitam saya, bisa jadi naik cukup tinggi, namun bisa jadi terperosok cukup dalam, yaitu AKRA. Dengan kinerja LK Q1 yang cukup bagus, apabila diasumsikan stabil sepanjang tahun maka AKRA sekarang berada pada PER sekitar 4.64 (RTI), PER yang sangat rendah untuk perusahaan sekelas AKRA.

Dan secara teknikal pun saya kira AKRA sedang berada di bottomnya di kisaran Rp. 4100 - 4300, dan yang menarik sangat berpeluang untuk naik cukup jauh keatas Rp. 5000, namun saya memperkirakan di akhir Juli AKRA akan berada di kisaran Rp. 4700 - Rp. 4800.

Saya tidak akan membahas lebih detail tentang AKRA ini karena insyaAllah saya akan mengulasnya lebih lanjut di postingan tersendiri, stay tune yak.

===========

Dari berbagai evaluasi diatas berikut resume Rekomendasi Saham saya untuk bulan Juli 2018:

Apabila tidak ada sesuatu yang diluar dugaan (Dollar naik lagi, Sentimen perang dagang, dll) saya kira saya cukup optimis untuk mendapatkan profit yang cukup lebar di akhir Juli 2018, bahkan melebihi prediksi saya diatas, Amiiiiin.

Sekian rekomendasi saya untuk bulan Juli 2018, sekali lagi, tidak ada rekomendasi yang sempurna, pilihlah yang sesuai dengan trading plan dan hati anda.. :)

Disclaimer ON.

ydh


bottom of page